Loading...

Pengertian Pengukuran, Besaran Fisika dan Satuan Serta Contohnya (Materi SMP)

Advertisement
Fisika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari fenomena alam atau gejala-gejala dan interaksi yang terjadi di dalamnya. Fisika merupakan suatu bangunan konsep yang berkelanjutan, sehingga memahami konsep yang satu menjadi syarat awal memahami konsep yang lain. Pondasi dasar dari konsep fisika adalah pengukuran, besaran dan satuan. Lalu tahukah kamu apa yang dimaksud dengan pengukuran, besaran dan satuan itu?

Pengertian Pengukuran, Besaran Fisika dan Satuan Serta Contohnya
Pengertian Pengukuran
Kamu mungkin sering mendapatkan pertanyaan seperti berapakah tinggi badanmu, berapa suhu tubuhmu, berapa lama kamu belajar dan sebagainya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan tepat, apa yang harus kamu lakukan? Tentunya kamu harus mengukur tinggi badan, suhu tubuh dan lama kamu belajar. Nah, tahukan kamu apakah sebenarnya pengertian pengukuran itu?

Pada zaman dahulu, orang-orang menggunakan anggota tubuhnya untuk mengukur besaran panjang. Misalnya, bangsa Mesir Kuno mendefinisikan standar besaran panjang sebagai jarak dari siku sampai ke ujung jari yang disebut cubit atau hasta. Bangsa Eropa menggunakan standar besaran panjang sebagai jarak dari ujung ibu jari kaki sampai ke pangkal kaki yang disebut kaki (foot). Di Indonesia, untuk mengukur besaran panjang biasa menggunakan satuan jengkalhasta, atau depa.

Menurutmu, dapatkah anggita tubuh dijadikan sebagai standar ukuran besaran panjang? Untuk mencari tahu jawabannya, coba kalian lakukan beberapa kegiatan pengukuran berikut ini.
1
Ukurlah panjang meja dengan menggunakan tanganmu! Berapa jengkal panjang meja tersebut?
2
Ukurlah panjang meja dengan menggunakan tangan teman sebangkumu! Berapa jengkal panjang meja tersebut?
3
Ukurlah panjang meja dengan menggunakan mistarmu! Berapa centimeter panjang meja?
4
Ukurlah panjang meja dengan menggunakan mistar temanmu! Berapa centimeter panjang meja?
5
Apakah yang dapat kamu simpulkan? Tuliskan beserta penjelasan dalam buku tugasmu (jika diperlukan)!

Dari kegiatan 1 dan 2, ternyata hasil pengukuran dengan menggunakan anggota tubuh antara kamu dan teman sebangkumu berbeda. Hal ini disebabkan panjang lengan setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu diperlukan suatu alat ukur yang selalu tetap dan tidak boleh berubah. Mistar merupakan contoh alat ukur sederhana yang memiliki panjang yang tetap.

Lalu dari kegiatan 3 dan 4, jika panjang meja yang kamu ukur dengan mistarmu adalalah 100 cm, maka hasil yang sama akan diperoleh apabila meja diukur dengan menggunakan mistar teman sebangkumu. Dari kegiatan ini, berarti kamu telah membandingkan panjang meja sebagai besaran yang diukur dengan satuan centimeter sebagai besaran pembanding.

Dari contoh tersebut kamu dapat mendefinisikan bahwa pengukuran adalah kegiatan membandingkan suatu besaran yang diukur dengan alat ukur yang digunakan sebagai satuan.

Pengertian Besaran dan Satuan

Pada kehidupan sehari-hari kamu mungkin pernah memperhatikan gunung yang tinggi, kecepatan pelari saat lomba, dokter yang mengukur suhu badan pasien, pejabat yang berlaku jujur, warna bunga yang indah dan bintang film yang menawan. Tinggi, kecepatan dan suhu termasuk dalam besaran fisikaatau disebut besaran. Sedangkan jujur, warna dan menawan dikelompokkan dalam bukan besaran fisika sebab tidak dapat diukur dengan alat dan tidak dapat dinyatakan dengan angka. Dengan demikian dapat kita simpulkan pengertian dari besaran yaitu sebagai berikut.

Besaran merupakan sesuatu yang dapat diukur serta memiliki nilai besaran (angka) dan satuan.

Untuk lebih memahami pengertian besaran dan satuan, perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini.
1. Lisa memerlukan kain sepanjang 2 meter untuk membuat seragam sekolahnya.
2. Pelari bernomor punggung 7 itu dapat mencatat waktu tercepat, yaitu 10 detik.
3. Massa badan Irvan adalah 63 kg.
Panjang, waktu dan massa disebut besaran sedangkan 2, 10 dan 63 disebut nilai besaran. Sementara meter, detik dan kilogram (kg) disebut satuan. Dari contoh tersebut, dapat kita simpulkan pengertian dari satuan yaitu sebagai berikut.

Satuan adalah besaran pembanding yang digunakan dalam pengukuran atau dapat juga diartikan sebagai istilah yang menunjukkan banyaknya (kuantitas suatu besaran).

Agar kalian lebih paham lagi mengenai pengertian dari besaran, nilai besaran (kuantitas pengukuran) serta satuan, perhatikan contoh berikut ini.
Contoh:
Ketika mengukur tinggi badannya, Kiki melihat alat ukur yang digunakan menunjukkan angka 167 cm. Tentukanlah besaran, satuan dan kuantitas/nilai pengukuran!
Jawab:
Besaran: tinggi (panjang)
Satuan: cm (centimeter)
Kuantitas pengukuran: 167

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru