Loading...

Macam-Macam Awalan Satuan dan Sistem Satuan Selain Metrik (Materi SMP)

Advertisement
Coba perhatikan lantai di kelasmu! Ukurlah panjang lantai itu menggunakan langkah dan meteran, lalu bandingkan hasil yang kamu peroleh dengan hasil yang teman kamu peroleh. Apa yang dapat kamu simpulkan? Karena ukuran langkah setiap orang berbeda, maka hasil mengukur yang diperoleh pun akan berbeda. Tapi, tidak demikian dengan hasil mengukur yang menggunakan meteran. Satuan sebagai hasil pengukuran yang berbeda dan hanya digunakan di wilayah tertentu disebut satuan tidak baku.

 Baca: Pengertian & Contoh Sistem Satuan Baku, Tidak Baku dan SI

Untuk memenuhi kebutuhan tentang adanya kesamaan hasil pengukuran, pada ahli pada Conference Generate des Poids el Measure (CGPM) menyeragamkan sistem satuan yang dikenal sebagai Sistem Internasional (SI). SI dikenal juga dengan sebutan sistem metrik yang terbagi menjadi dua, yaitu sistem CGS dan MKS. Perhatikan satuan berdasarkan sistem metrik pada tabel berikut.
Tabel Satuan Berdasarkan Sistem Metrik
Sistem Metrik
Panjang
Massa
Waktu
MKS
m
kg
s
CGS
cm
g
s

Di samping satuan sistem metrik, juga dikenal satuan sistem lainnya yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya liter, inchi, yard, feet, mil, ton dan ons. Satuan-satuan tersebut dapat dikonversi atau diubah ke satuan sistem metrik dengan patokan yang telah ditentukan. Konversi besaran panjang menggunakan acuan sebagai berikut.
 1 mil = 1760 yard
( 1 yard adalah jarak pundak sampai ujung dari tangan orang dewasa).
 1 yard = 3 feet
(1 feet adalah jarak tumit sampai ujung jari kaki orang dewasa).
 1 feet = 12 inci
(1 inci adalah lebar maksimal ibu jari tangan orang dewasa).
 1 inci = 2,54 cm
 1 cm = 0,01 m

Satuan mil, yard, feet, inci tersebut dinamakan satuan sistem Inggris. Untuk besaran massa berlaku juga sistem konversi dari satuan sehari-hari maupun sistem Inggris ke dalam sistem SI. Contohnya sebagai berikut.

 1 ton = 1000 kg
 1 kuintal = 100 kg
 1 slug = 14,59 kg
 1 ons (oz) = 0,02835 kg
 1 pon (lb) = 0,4536 kg

Satuan waktu dalam kehidupan sehari-hari dapat dikonversi ke dalam sistem SI yaitu detik atau sekon. Contohnya sebagai berikut.
 1 tahun = 3,156 × 107 detik
 1 hari = 8,640 × 104 detik
 1 jam = 3600 detik
 1 menit = 60 detik

Di dalam sistem metrik juga dikenal sistem awalan dari sistem MKS baik ke sistem makro (besar) maupun ke sistem mikro (kecil). Untuk lebih jelasnya. Coba kamu perhatikan tabel awalan satuan di bawah ini.
Tabel Awalan Satuan Sistem Metrik Besaran Panjang
Sistem
Awalan Satuan
Lambang
Konversi
Konversi Makro
Eksa
E
1018
Peta
P
1015
Tera
T
1012
Giga
G
109
Mega
M
106
kilo
k
103
hekto
h
102
deka
da
101
MKS
meter
-
1
Konversi Mikro
desi
d
10-1
centi
c
10-2
mili
m
10-3
mikro
μ
10-6
nano
n
10-9
piko
p
10-12
femto
f
10-15
atto
a
10-18

Penelitian jagad mikro dengan konversi sistem mikro banyak berkembang dalam bidang teknologi dewasa ini, contohnya teknologi nano yang menyelidiki jagad renik seperti sel, virus, bakteriofage, DNA dan sebagainya. Adapun penelitian jagad makro menggunakan konversi sistem makro karena objek penelitiannya mencakup wilayah lain dari jagad raya, yaitu objek alam semesta di luar bumi seperti Bulan, Matahari, Asteroid, planet selain Bumi, dan sebagainya.

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru