Loading...

Cara Konversi Satuan Besaran Pokok Panjang, Massa dan Waktu (Materi SMP)

Advertisement
Coba perhatikan lantai di kelasmu! Ukurlah panjang lantai itu menggunakan langkah kaki dan meteran, lalu bandingkan hasil yang kamu peroleh dengan hasil yang teman kamu peroleh. Apa yang dapat kamu simpulkan? Karena ukuran langkah kaki setiap orang berbeda, maka hasil mengukur yang diperoleh pun akan berbeda. Tapi, tidak demikian dengan hasil mengukur yang menggunakan meteran. Setiap orang akan mendapat angka yang sama.
Cara Konversi Satuan Besaran Pokok Panjang, Massa dan Waktu (Materi SMP)
Satuan sebagai hasil pengukuran yang berbeda dan hanya digunakan di wilayah tertentu disebut satuan tidak baku. Untuk memenuhi kebutuhan tentang adanya kesamaan hasil pengukuran, para ahli pada Conference Generate des Poids el Measure (CGPM) menyeragamkan sistem satuan yang dikenal sebagai Sistem Internasional (SI). SI dikenal juga dengan sebutan sistem metrik yang terbagi menjadi dua yaitu sistem CGS dan MKS. Perhatikan satuan berdasarkan sistem metrik pada tabel berikut.

Tabel Satuan Berdasarkan Sistem Metrik
Sistem Metrik
Panjang
Massa
Waktu
MKS
m
kg
s
CGS
cm
g
s

Dalam SI, untuk mengubah dari satuan CGS ke satuan MKS atau sebaliknya, dapat dilakukan dengan cara konversi konversi yang salah satu caranya adalah menggunakan tangga konversi. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai cara konversi satuan 3 besaran pokok yakni panjang, massa dan waktu. Silahkan kalian simak baik-baik penjelasan berikut ini.

Mengonversi Satuan Panjang
Satuan pokok besaran panjang adalah meter. Untuk mengubah satuan pokok meter ke satuan-satuan yang lebih besar atau lebih kecil, kamu dapat menggunakan bantuan tangga konversi. Perhatikan gambar di bawah ini.
Tangga Konversi Satuan Panjang
km







hm







dam







m







dm







cm

Naik tangga dibagi 10
mm
Turun tangga dikali 10

Langkah-langkah konversi satuan panjang dengan bantuan tangga konversi adalah sebagai berikut.
 Menentukan letak satuan yang akan dikonversi pada tangga konversi.
 Menentukan letak satuan yang akan dituju.
 Menghitung banyaknya tangga yang harus dilalui dari satuan asal ke satuan baru yang dituju.
 Hasil perhitungan langkah ketiga menentukan banyaknya angka nol di belakang atau di depan angka 1. Jika tangganya turun artinya dikalikan dan jika tangganya naik artinya dibagi. Misalnya, sebagai berikut.
1
Satuan baru yang dituju berada di bawah satuan asal

Jika turun satu anak tangga, maka bilangan asli dikalikan 10

Jika turun dua anak tangga, maka bilangan asli dikalikan 100

Jika turun tiga anak tangga, maka bilangan asli dikalikan 1.000
2
Satuan baru yang dituju berada di atas satuan asal

Jika naik satu anak tangga, maka bilangan asli dibagi 10

Jika naik dua anak tangga, maka bilangan asli dibagi 100

Jika naik tiga anak tangga, maka bilangan asli dibagi 1.000

Contoh:
1) Nyatakan panjang 5 km dalam satuan meter!
Jawab:
Kamu ketahui bahwa satuan meter (m) terletak di bawah satuan kilometer (km) sebanyak 3 anak tangga. Artinya, nilai besaran (angka) asal harus dikalikan dengan angka 1.000 sehingga:
5 × 1.000 = 5.000
Jadi, panjang 5 km sama dengan 5.000 m

2) Konversikan panjang 1.000 cm ke dalam satuan meter!
Jawab:
Kamu ketahui bahwa satuan meter (m) terletak di atas satuan cm (sentimeter) sebanyak 2 anak tangga. Artinya, nilai besaran (angka) asal harus dibagi dengan angka 100 sehingga:
1.000/100 = 10
Jadi, panjang 1.000 cm sama dengan 10 m.

Satuan panjang juga dapat dinyatakan dalam sistem satuan lain selain sistem metrik. Berikut ini beberapa konversi satuan-satuan yang berlaku di negara Barat (Inggris dan Amerika).
1 inchi = 2,45 cm
1 yard = 91,44 cm
1 mil = 1,6 km
1 feet = 30,48 cm

Mengonversi Satuan Massa

Massa berbeda dengan berat. Dalam keseharian, berat sering digunakan untuk menyatakan massa. Misalnya ada orang yang menanyakan kepada kamu, “berapa berat badan kamu?”. Lalu kamu menjawab 50 kg. Seharusnya pertanyaan yang benar adalah “berapa massa badan kamu?”. Lalu apa bedanya massa dengan barat itu? Massa dibawa ke manapun akan tetap nilainya. Sedangkan berat akan berbeda, karena dipengaruhi oleh gravitasi bumi.

Satuan pokok besaran massa adalah kilogram (kg). Untuk mengubah satuan massa dari suatu satuan ke satuan yang lebih besar atau yang lebih kecil, kamu bisa gunakan bantuan tangga konversi pada satuan massa. Perhatikan tangga konversi berikut.
Tangga Konversi Satuan Massa
kg







hg







dag







g







dg







cg

Naik tangga dibagi 10
mg
Turun tangga dikali 10

Contoh:
1) Konversikan massa 5 hg ke satuan gram!
Jawab:
Kamu ketahui bahwa satuan gram (g) terletak di bawah satuan hektogram (hg) sebanyak 2 anak tangga. Artinya, nilai besaran (angka) asal harus dikalikan dengan 100 sehingga:
5 × 100 = 500
Jadi, massa 5 hg sama dengan 500 g.

2) Konversikan massa 1.000 mg ke satuan gram!
Jawab:
Kamu ketahui bahwa satuan gram (g) terletak di atas satuan miligram (mg) sebanyak 3 anak tangga. Artinya, nilai besaran (angka) asal harus dibagi dengan angka 1.000 sehingga:
1.000/1.000 = 1
Jadi, massa 1.000 mg sama dengan 1 gram.

Selain satuan gram dan turunannya, massa juga dapat dinyatakan dalam sistem satuan yang lain. Berikut ini beberapa konversi satuan massa yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
1 ton = 1.000 kg
1 ton = 10 kuintal
1 kuintal = 100 kg
1 kg = 2 pon
1 pon (pound) = 0,5 kg
1 pon = 5 ons
1 kg = 10 ons
1 ons = 1 hg

Mengonversi Satuan Waktu
Seperti pada besaran panjang dan massa, besaran waktu juga memiliki beberapa satuan yang dapat saling dikonversikan. Satuan-satuan waktu antara lain jam, menit dan sekon. Bagaimana cara mengonversi satuan-satuan tersebut? Perhatikan konversi satuan waktu berikut ini.
1 jam = 60 menit atau 1 menit = 1/60 jam
1 menit = 60 sekon atau 1 sekon = 1/60 menit
1 jam = 3.600 sekon atau 1 sekon = 1/3.660 jam

Contoh:
Konversikan waktu 25 jam ke satuan menit!
Jawab:
Kamu ketahui bahwa 1 jam = 60 menit, sehingga:
25 jam = 25 × 60 = 1.500 menit
Jadi, waktu 25 jam sama dengan 1.500 menit.

Selain dinyatakan dalam satuan sekon, menit dan jam, waktu juga dapat dinyatakan dalam satuan yang lebih kecil dari sekon seperti milisekon (ms) atau satuan yang lebih besar dari sekon seperti kilosekon (ks). Untuk lebih jelasnya, perhatikan tangga konversi satuan waktu berikut ini.
Tangga Konversi Satuan Waktu
ks







hs







das







s







ds







cs

Naik tangga dibagi 10
ms
Turun tangga dikali 10

Contoh:
1) Konversikan waktu 10 s ke satuan das!
Jawab:
Kamu ketahui bahwa satuan sekon (g) terletak di bawah satuan dekasekon (das) sebanyak 1 anak tangga. Artinya, nilai besaran (angka) asal harus dibagi dengan 10 sehingga:
10/10 = 1
Jadi, waktu 10 s sama dengan 1 das.

2) Konversikan waktu 10 sekon ke satuan ms!
Jawab:
Kamu ketahui bahwa satuan sekon (s) terletak di atas satuan milisekon (ms) sebanyak 3 anak tangga. Artinya, nilai besaran (angka) asal harus dikali dengan angka 1.000 sehingga:
10 × 1.000 = 10.000
Jadi, waktu 10 s sama dengan 10.000 atau 104 ms.

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru