Loading...

Cara Mudah Membuat Termometer Sederhana + Gambar (Materi SMP)

Advertisement
Besaran fisika yang digunakan untuk menyatakan panas atau dinginnya suatu keadaan dinamakan suhu. Nah, tahukan kalian bagaimana cara mengukur suhu suatu keadaan secara tepat? Untuk mengukur suhu suatu keadaan digunakan suatu alat yang dinamakan termometer. Kata “termometer” berasal dari bahasa Yunani, yaitu thermos dan meterThermos artinya panas, sedangkan meter artinya mengukur. Jadi, termometer merupakan alat untuk mengukur suhu.

Termometer biasanya berbentuk sebuah pipa kaca sempit tertutup yang diisi dengan zat cair, seperti raksa. Dalam sistem satuan internasional (SI) besaran suhu menggunakan skala Kelvin (K), tetapi di Indonesia besaran suhu yang sering digunakan adalah Celcius (oC). Nah, pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana caranya membuat sendiri termometer sederhana.

Namun sebelum itu, kalian harus memahami terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan termometer untuk mengukur suhu. Oleh karena itu, lakukanlah kegiatan berikut ini.
Kegiatan I
Termometer untuk Mengukur Suhu Zat
Tujuan:
Mengukur suhu zat dengan termometer.
Alat dan bahan:
Dua buah termometer dan tiga buah mangkuk.
Prosedur kerja:
1. Isilah masing-masing mengkuk dengan air hangat, air mineral biasa, dan es batu.
2. Masukkan termometer pertama ke dalam mangkuk berisi air hangat dan termometer kedua ke dalam mangkuk berisi es batu, lalu diamkan sejenak. Perhatikan skala yang ditunjukkan oleh kedua termometer, kemudian catat hasilnya dalam tabel.
3. Setelah itu, pindahkan kedua termometer ke dalam wadah berisi air mineral. Perhatikan skala yang ditunjukkan oleh kedua termometer, kemudian catat hasilnya dalam tabel dengan format seperti di bawah ini.

Air Hangat
Air Mineral
Es Batu
Termometer 1



Termometer 2




Diskusikan pertanyaan berikut untuk mendapatkan kesimpulan.
1. Berapakah skala yang ditunjukkan termometer pertama, ketika dimasukkan ke dalam air hangat?
2. Berapakah skala yang ditunjukkan termometer kedua, ketika dimasukkan ke dalam es batu?
3. Apakah termometer pertama dan termometer kedua menunjukkan skala yang sama ketika dimasukkan ke dalam wadah berisi air mineral biasa?

Pada kegiatan I, kalian telah membuktikan bahwa zat yang dingin mempunyai suhu rendah, sedangkan zat yang hangat memiliki suhu yang lebih tinggi. Ketika kedua termometer dimasukkan ke dalam wadah berisi air mineral biasa, kedua termometer tersebut menunjukkan nilai yang sama. Dengan demikian, termometer dapat digunakan untuk mengukur suhu suatu zat dengan tepat.

Cara Membuat Termometer Sederhana
Nah, tahukah kalian prinsip apa yang digunakan oleh termometer sehingga termometer dapat mengukur suhu suatu zat secara tepat? Mari kita menyelidikinya dengan melakukan kegiatan II untuk membuat termometer sederhana.
Kegiatan II
Termometer Sederhana
Tujuan:
Membuat termometer sederhana.
Alat dan bahan:
Botol kaca atau plastik, air, pewarna makanan (warna merah), sedotan, gunting, tiga buah spidol bewarna, karton putih, dan plastisin (lilin mainan).
Prosedur kerja:
1. Masukkan air ke dalam botol kaca atau plastik.
2. Masukkan pewarna makanan ke dalam botol yang telah berisi air sehingga air dalam botol menjadi bewarna merah.
3. Masukkan sedotan plastik ke dalam botol sampai masuk ke dalam air, kemudian tutup mulut botol dengan plastisin sehingga tidak ada udara yang masuk.
4. Tiup sedotan dengan perlahan sampai air naik ke dalam sedotan. Berhentilah meniup ketika air mencapai bagian tengah sedotan.
5. Buatlah dua celah pada karton putih, kemudian masukkan karton tersebut ke dalam sedotan. Setelah itu, buatlah tanda permukaan air pada karton putih dengan menggunakan spidol hitam. Tanda permukaan air itu menunjukkan suhu normal (suhu ruangan).

6. Simpan termometer di tempat yang panas. Perhatikan, air akan mengembang sehingga permukaan air akan naik. Tandailah permukaan air tersebut dengan spidol merah. Tanda ini dianggap sebagai titik tetap atas.
7. Simpan termometer di dalam lemari es beberapa saat. Perhatikan, air akan menyusut sehingga permukaan air akan turun. Tandailah permukaan air tersebut dengan spidol biru. Tanda ini dianggap sebagai titik tetap bawah. Lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini.
cara mudah membuat termometer sederhana
Dari Kegiatan II kamu telah menyelidiki hubungan antara perubahan volume suatu zat cair dan perubahan suhu. Permukaan suatu zat cair akan naik melalui sedotan (volume zat cair tersebut bertambah) ketika dipanaskan dan juga permukaan suatu zat cair akan turun (volume zat cair berkurang) ketika didinginkan. Hubungan inilah yang dimanfaatkan oleh termometer untuk mengukur suhu suatu zat.

Hubungan antara perubahan volume dan perubahan suhu juga terjadi pada zat padat dan zat gas. Jika zat padat atau zat gas dipanaskan, volumenya akan bertambah. Begitu pula jika zat padat atau zat gas didinginkan, volumenya akan berkurang. Nah, tahukah kamu zat apa yang sebaiknya digunakan untuk mengisi termometer agar dapat mengukur suhu dengan baik?

Zat pengisi termometer yang paling umum digunakan adalah raksa dan alkohol. Kedua zat cair tersebut masing-masing memiliki keuntungan dan kerugian.
Raksa
Keuntungan menggunakan raksa sebagai pengisi termometer adalah sebagai berikut.
 Warnanya mengkilap seperti perak sehingga mudah dilihat.
 Perubahan volumenya teratur pada saat terjadinya perubahan suhu.
 Tidak membasahi dinding kaca.
 Jangkauan suhunya cukup lebar (40 °C sampai dengan 350 °C).

Sedangkan kerugiannya adalah sebagai berikut.
 Harga raksa mahal.
 Raksa tidak dapat mengukur suhu yang sangat rendah.

Alkohol
Keuntungan menggunakan alkohol sebagai pengisi termometer adalah sebagai berikut.
 Untuk menaikkan suhu kecil, alkohol mengalami perubahan volume lebih besar sehingga dapat mengukur suhu dengan teliti.
 Dapat mengukur suhu yang sangat rendah.

Sedangkan kerugiannya adalah sebagai berikut.
 Titik didih rendah (78 °C) sehingga pemakaiannya terbatas.
 Tidak berwarna, sehingga perlu diberi warna agar mudah dilihat.
 Membasahi dinding kaca.

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru