Loading...

Organ & Sistem Organ : Pengertian, Jenis/Macam, dan Fungsi lengkap dengan Contoh + Gambar

Advertisement

 A. Organ

Organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan untuk melaksanakan fungsi tertentu. Jaringan yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama akan membentuk organ. Organ pada tumbuhan adalah akar, batang, daun, bunga, biji dan buah. Organ organ ini memiliki fungsi yang berbeda beda. Organ pada manusia dan hewan adalah mata, hidung, telinga, usus, dan lain lain.


Meskipun jaringan tersusun dari sekumpulan sel, tetapi masih belum mampu melaksanakan fungsi secara sendiri sendiri, sehingga perlu bekerja sama dengan jaringan lain. Misalnya, jaringan otot rangka tidak dapat melaksanakan fungsinya untuk menggerakkan tulang bila tidak bersama sama dengan jaringan saraf.


1. Organ pada Tubuh Hewan Vertebrata dan Manusia


Jaringan tergabung dalam unit yang lebih besar, dikenal sebagai organ, yang melakukan tugas tugas tetap tertentu. Berdasarkan tempatnya, organ dikelompokkan menjadi 1) organ luar, yaitu organ tubuh yang berada dan kelihatan dari bagian luar, 2) organ dalam, yaitu organ yang berada di dalam tubuh.


Setiap organ menjalankan fungsinya dan didukung oleh organ lainnya sehingga membentuk sistem organ. Organ pada hewan beragam kelengkapannya, semakin tinggi tingkatan suatu hewan maka organ-organnya semakin lengkap.


Misalnya antara ikan dengan sapi, tentunya organ pada sapi lebih banyak dan kompleks dibandingkan organ pada ikan. Organ pada manusia lebih lengkap dibandingkan hewan dan tumbuhan Setiap organ memiliki fungsi khusus, misalnya mata untuk melihat, lambung untuk mencerna makanan, dan hidung untuk mencium bau.


Organ yang dimiliki hewan tingkat tinggi dan manusia antara lain mata, paru paru, jantung, hati, lambung, ginjal, telinga, dan kulit. Masing masing memiliki fungsi yang berbeda beda.


a. Mata, berfungsi untuk melihat. Organ ini antara lain terbentuk dari jaringan otot dan jarigan saraf.


b. Paru paru, berfungsi sebagai alat pernapasan. Organ ini antara lain terbentuk dari jaringan otot dan jaringan saraf.


c. Jantung, berfungsi memompa darah supaya beredar ke seluruh tubuh. Organ ini antara lain terbentuk dari jaringan otot jantung, jaringan pengikat, dan jaringan saraf.


d. Hati,  berfungsi sebagai tempat menawarkan racun yang terbentuk dalam tubuh. Organ ini antara lain terbentuk dari jaringan otot, jaringan pengikat, dan jaringan saraf.


e. Lambung, merupakan organ yang berfungsi sebagai salah satu alat pencernaan. Organ ini antara lain terbentuk dari jaringan epitel, jaringan otot polos, dan jaringan pengikat.


f. Telinga, berfungsi sebagai alat pendengaran dan keseimbangan tubuh. Organ ini terbentuk antara lain oleh jaringan otot, jaringan epitel, dan jaringan saraf.


g. Kulit, berfungsi sebagai pelindung tubuh dan pengaturan suhu. Organ ini terbentuk antara lain oleh jaringan otot, jaringan epitel, dan jaringan saraf.



Perhatikan gambar di bawah ini !


Organ & Sistem Organ : Pengertian, Jenis/Macam, Fungsi, dan lengkap dengan Contoh + Gambar

Jantung merupakan organ manusia yang memiliki peranan penting.


Pada organ jantung terdapat jaringan otot untuk mengkontraksikan dan memompa darah, jaringan epitel sebagai pelindung jantung, dan jaringan saraf untuk menghantarkan rangsang dari otak kejantung.


Contoh lain organ manusia dan hewan yaitu mata untuk melihat, Organ mata  tersusun oleh jaringan epitel, jaringan otot, jaringan ikat, dan jaringan saraf. Jika satu atau lebih jaringan tersebut rusak atau hilang maka organ tersebut akan mengalami gangguan dalam menjalankan fungsinya.


Organ & Sistem Organ : Pengertian, Jenis/Macam, Fungsi, dan lengkap dengan Contoh + Gambar


Beberapa organ yang terdapat dalam kelompok hewan adalah:


1. Jantung

2. Otak berfungsi sebagai saraf pusat

3. Paru paru, insang atau trakea berfungsi untuk proses pernapasan

4. Hati

5 . Lambung, usus, dan anus

6 . Pankreas dan ginjal

7 . Organ organ reproduksi

8 . Anggota badan (kaki, tangan, sayap, sirip, ekor)

9. Indera (lidah, mata, telinga, kulit, antena, dan hidung)


2. Organ pada Tubuh Tumbuhan


Sebuah organ disusun dari beberapa jenis jaringan yang bentuk dan fungsinya berbeda beda. Pada dasarnya organ tumbuhan tingkat tinggi terdiri atas akar dan pucuk. Bagian pucuk terbagi menjadi batang dan daun. Organ reproduksi seperti bunga atau runjung, buah atau biji dianggap sebagai batang khusus yang mengalami modifikasi.


Organ & Sistem Organ : Pengertian, Jenis/Macam, Fungsi, dan lengkap dengan Contoh + Gambar


Organ organ pokok yang terdapat pada tumbuhan adalah akar, batang, dan daun. Bunga dan buah bukan merupakan organ pokok pada tumbuhan, keduanya merupakan cabang yang berubah bentuk dan tumbuh terbatas.


a. Akar


Organ akar berfungsi untuk menyerap air dan zat makanan, memperkokoh batang, menyimpan cadangan makanan, dan alat perkembangbiakan vegetatif. Berdasarkan bentuknya ada jenis akar serabut dan akar tunggang.


Organ & Sistem Organ : Pengertian, Jenis/Macam, Fungsi, dan lengkap dengan Contoh + Gambar


Susunan anatomi luar organ akar terdiri atas rambut akar (sebagai perluasan jaringan epidermis), dan tudung akar (kaliptra) bagian ujung. Susunan fisiologis organ akar dari luar ke dalam terdiri atas epidermis, korteks, stele atau silinder pusat akar yang terdiri atas perisikel (perikambium), berkas vaskuler (xylem dan floem) serta empulur.


b. Batang


Organ batang berfungsi untuk transportasi air dan zat makanan, perkembangbiakan vegetatif, dan menyimpan cadangan makanan. Berdasarkan bentuknya ada jenis batang herba (pada tanaman musiman) dan batang berkayu (pada tanaman tahunan). Berdasarkan jenis biji yang dihasilkan ada batang monokotil dan batang dikotil.


Susunan organ batang terdiri atas jaringan primer (terdapat pada batang monokotil maupun dikotil, untuk pertumbuhan tinggi batang) dan jaringan sekunder (hanya terdapat pada batang dikotil, untuk pertumbuhan membesar).


Jaringan primer monokotil terdiri atas epidermis, berkas pembuluh, empulur dan sklerenkirn. Jaringan primer dikotil terdiri atas epidermis, korteks, xylem, floem dan kambium. Jaringan sekunderdikotil terdiri atas floem sekunder, xylem sekunder dan cambium gabus.


Penampang melintang batang (A) monokotil dan (B) dikotil

Organ & Sistem Organ : Pengertian, Jenis/Macam, Fungsi, dan lengkap dengan Contoh + Gambar


Penampang batang pohon linden kiri Penampang ranting muda tumbuhan berkayu

Organ & Sistem Organ : Pengertian, Jenis/Macam, Fungsi, dan lengkap dengan Contoh + Gambar


c. Daun


Daun, berfungsi sebagai tempat melakukan fotosintesis dan penguapan air. Daun tersusun atas jaringan epidermis atas, jaringan tiang (palisade), jaringan bunga karang (spons), jaringan pengangkut (xilem dan floem), dan epidermis bawah. Pada epidermis daun terdapat stomata yang berfungsi sebagai tempat penguapan dan pengambilan gas gas yang dibutuhkan.


Organ & Sistem Organ : Pengertian, Jenis/Macam, Fungsi, dan lengkap dengan Contoh + Gambar


Daun dibeda bedakan berdasarkan :


a . Bentuk ujungnya ada jenis daun terbelah, meruncing, dan membulat.

b. Tepi daun ada daun rata, bergerigi, beringgit, dan berombak.

c. Tulang daun ada daun menyirip, menjari, melengkung, dan sejajar.

d. Jumlah helaian daun ada daun tunggal dan daun majemuk


Organ & Sistem Organ : Pengertian, Jenis/Macam, Fungsi, dan lengkap dengan Contoh + Gambar


B. Sistem Organ


Sistem organ adalah kumpulan dari organ organ yang saling bekerja sama membentuk suatu sistem. Contoh sistem organ adalah sistem pernapasan yang terbentuk dari organ hidung, paru paru, bronkus, dan tenggorokan.


Makhluk hidup multiseluler tingkat tinggi memiliki beberapa sistem organ yang saling berkaitan untuk mendukung kehidupan makhluk hidup tersebut. Jika salah satu sistem mengalami gangguan, tentu akan mempengaruhi sistem organ yang lain. Misalnya jika kamu mengalami sakit gigi, saraf saraf yang ada di gusi akan mempengaruhi saraf di kepala, sehingga rasa sakit tidak hanya di gigi saja.


Proses pencernaan juga akan terganggu karena makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat dikunyah dengan baik. Karena gigi dan kepala terasa sakit, nafsu makanmu menjadi berkurang sehingga mengganggu kerja lambung dan organ pencernaan lain.


1. Sistem Organ pada Tubuh Hewan Vertebrata dan Manusia


Organ & Sistem Organ : Pengertian, Jenis/Macam, Fungsi, dan lengkap dengan Contoh + Gambar


Sistem organ yang terdapat pada manusia antara lain sistem pernapasan dibentuk oleh organ, hidung, tenggorokan, cabang tenggorokan, paruparu. Sistem pencernaan dibentuk oleh organ mulut, kerongkongan, hati, lambung, pankreas, kantung empedu, usus, dan anus (rectum). Contoh sistem organ yang lain adalah sistem saraf, sistem pengeluaran, sistem peredaran darah, sistem reproduksi, sistem hormon, sistem rangka, dan sistem otot.


Organ & Sistem Organ : Pengertian, Jenis/Macam, Fungsi, dan lengkap dengan Contoh + Gambar

Perhatikan beberapa sistem organ yang terdapat pada manusia dan hewan pada tabel berikut.

No.

Nama Sistem Organ

Nama Organ Penyusunnya

Fungsinya

1.

Sistem Pernapasan (Respirasi)

Hidung, tenggorokan, dan paru paru atau insang

Menghirup oksigen sehingga diperoleh energy.

2.

Sistem Pengangkutan

Darah, jantung, pembuluh darah

Mengedarkan zat makanan ke seluruh tubuh.

3.

Sistem Pengeluaran

Hati, ginjal, dan kulit

Mengeluarkan zat sisa yang tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh.

4.

Sistem Gerak

Otot, tulang, sendi, dan rangka

Gerakan tubuh.

5.

Sistem Pencernaan

Mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, pancreas, dan hati

Mencerna makanan sehingga mudah diserap oleh darah.

6.

Sistem Hormon

Kelenjar buntu

Mengatur kerja organ tubuh.

7.

Sistem Saraf

Otak, sumsum tulang belakang

Merespons dan mereaksi rangsang dari luar.



Di antara sistemsistem tersebut, tidak bekerja sendirisendiri. Tetapi mereka saling bekerja sama sehingga membentuk proses kehidupan dalam organisme. Di dalam organisme terjadi susunan organisasi yang membentuk suatu organisme. Organisme yang terbentuk terdiridari bagian terkecil yang disebut dengan sel, sampai akhirnya terbentuk organisme dengan urutan sebagai berikut:


Organ & Sistem Organ : Pengertian, Jenis/Macam, Fungsi, dan lengkap dengan Contoh + Gambar


2. Sistem Organ pada Tumbuhan


Seperti halnya pada hewan tingkat tinggi dan manusia, tumbuhan tingkat tinggi juga memiliki sistem organ. Organ utama tersebut meliputi daun, batang, dan akar. Ketiga organ tersebut bekerja sama membentuk sistem organ untuk melakukan fungsi/proses tertentu, misalnya fotosintesis.


Perhatikan gambar dibawah ini !

Organ & Sistem Organ : Pengertian, Jenis/Macam, Fungsi, dan lengkap dengan Contoh + Gambar


Semua sistem organ pada tubuh makhluk hidup saling berhubungan dan bekerja sama, serta saling mempengaruhi. Kumpulan dari beberapa sistem organ akan membentuk organisme.


Perhatikan pula beberapa sistem organ yang terdapat pada tumbuhan pada tabel berikut.

No.

Nama Sistem Organ

Nama Organ Penyusunnya

Fungsinya

1.

Sistem Pernapasan (Respirasi)

Daun (stomata), batang (lentisel), dan akar

Menghirup oksigen sehingga diperoleh energy.

2.

Sistem Pengangkutan

Daun, batang, dan akar yang memiliki floem dan xilem

Mengedarkan zat makanan ke seluruh tubuh.

3.

Sistem Penguapan (Transpirasi)

Daun dengan stomata

Mengeluarkan uap air yang berlebihan.

4.

Sistem Gerak

Akar, batang, dan daun

Merespons rangsang dari luar.


Kumpulan dari semua sistem organ yang saling berhubungan dan bekerja sama akan membentuk organisme atau makhluk hidup. Manusia merupakan organisme yang tersusun oleh sistem organ pernapasan, pengangkutan, pengeluaran, gerak, koordinasi, hormon, sistem indra, dan sistem reproduksi.


Maka susunan organisasi organisme dari yang terkecil sampai terbesar itu adalah:


sel  jaringan  organ  sistem organ  organisme.

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru